Standard

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah            : SDN PASIR MUNDING

Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA

Materi Pokok    : LINGKUNGAN SEKITAR

Kelas                : II (DUA)

Semester         : II/Genap

Alokasi Waktu   : 35 Menit x 1 Jam Pelajaran

 

 

  1. Standar Kompetensi

Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.

 

  1. Kompetensi Dasar

–          Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain.

–          Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.

 

  1. Indikator

–          Mengamati ciri-ciri tumbuhan, lalu menyampaikan ciri-ciri tersebut secara lisan kepada orang lain.

–          Menuliskan ciri-ciri binatang atau tumbuhan dengan jelas.

 

  1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat:

–          Mengamati ciri-ciri tumbuhan, lalu menyampaikan ciri-ciri tersebut secara lisan kepada orang lain.

–          Menuliskan ciri-ciri binatang atau tumbuhan dengan jelas.

 

  1. Karakter Siswa yang Diharapkan

–          Bersahabat/komunikatif

–          Gemar membaca

–          Kerja keras

–          Mandiri

–          Rasa ingin tahu

 

  1. Materi Pembelajaran

Lingkungan Sekitar

–          Setiap tumbuhan memiliki ciri-ciri. Kalian dapat menuliskan ciri-ciri itu.

–          Kamu dapat menuliskan ciri-ciri binatang dengan memperhatikannya.

  1. Metode Pembelajaran

–          Diskusi

–          Inkuiri

–          Penugasan

 

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

–          Apersepsi:

Siswa diberi pemahaman tentang menjaga lingkungan sekitar.

–          Motivasi:

Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, agar siswa dapat mendeskripsikan tumbuhan, dan menulis ciri-ciri binatang.

 

Kegiatan Inti

–          Eksplorasi:

Dalam kegiatan eksplorasi:

  1. Guru memberikan informasi agar siswa dapat mendeskripsikan tumbuhan.
  2. Guru memberikan informasi agar siswa dapat menuliskan ciri-ciri binatang.
  3. Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara bersahabat/komunikatif, gemar membaca, kerja keras, mandiri dan rasa ingin tahu.

–          Elaborasi:

Dalam kegiatan elaborasi:

  1. Dengan diskusi dan tanya jawab, siswa diminta mendeskripsikan tumbuhan di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan kalimat yang mudah dipahami orang lain.
  2. Dengan diskusi dan tanya jawab, siswa diminta menuliskan ciri-ciri binatang disekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.
  3. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang deskripsi tumbuhan, dan menulis ciri-ciri binatang.

 

–          Konfirmasi:

Dalam kegiatan konfirmasi:

  1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
  2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalah pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.

 

 

 

 

 

 

 

Penutup

  1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi.
  2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
  3. Guru memberikan tugas rumah (PR).
  4. Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
  5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

 

  1. Alat dan Bahan
    1. Alat                                                : teks bacaan, gambar hewan dan tumbuhan.
    2. Sumber belajar         : buku paket.

 

  1. Penilaian Hasil Belajar
    1. Teknik/jenis               : kuis dan tugas individu.
    2. Bentuk instrumen   : tes tertulis dan tes lisan.
    3. Instrumen/soal
      1. Binatang ini berkaki empat.

Suaranya mooo mooo.

Hewan apakah itu?

Jawab: Sapi.

  1. Rumah Fani sejuk.

Banyak tanaman di halaman rumah Fani.

Mengapa rumah Fani sejuk?

Jawab: Karena banyak tanaman di halaman rumahnya.

  1. Tunas pohon apakah yang menjadi lambang pramuka?

Jawab: Tunas kelapa.

 

  1. Kriteria Penilaian
    1. Format Penilaian Proses:

–    Nama Siswa                    :

–    Aspek yang dinilai        :

–    Jumlah                              :

–    Nilai akhir                        :

 

  1. Aspek yang dinilai:

–    Kerja sama

–    Tanggung jawab

–    Ketepatan

–    Keaktifan

–    Jumlah

 

  1. Nilai Akhir

NA (nilai akhir) = Skor tercapai x 100

Skor ideal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                         Sukabumi,27 April 2013

Kepala Sekolah                                                               Guru Kelas

(WATI,S.Pd.SD)                                                       (VERA NURMALA.F)   NIP.                                                                                                 NIP.

 

Download Link : http://www.ziddu.com/download/22091603/RENCANAPELAKSANAANPEMBELAJARAN.docx.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s