Silabus dan RPP Bahasa Indonesia Kelas 3 SD Sem I

Standard

SILABUS

 

Nama Sekolah             : SDN Pasir Munding

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester          : 3 / I

Standar Kompetensi   : 1. Mendengarkan

Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.

 

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok

Kegiatan Belajar

Alokasi Waktu

Alat dan Sumber Bahan

Penilaian

1.   Mendengarkan

1.1 Melakukan

sesuatu

berdasarkan

penjelasan yang

disampaikan

secara lisan

 

 

1.Siswa dapat mendengarkan

petunjuk bertelepon

2.Siswa dapat menjelaskan

kembali petunjuk

bertelepon dengan benar

dan jelas

3.Siswa dapat menanggapi

penjelasan tentang petujuk

bertelepon

4.Siswa dapat menyusun

percakapan melalui telepon

5.Siswa dapat

memperagakan teks

percakapan

Teks petunjuk melakukan sesuatu * Mendengarkan

petunjuk

bertelepon

* Menjelaskan

kembali

petunjuk

bertelepon

dengan benar

dan jelas

* Menanggapi

penjelasan

tentang

petunjuk

bertelepon

* Menyusun

percakapan

melalui telepon

* Memperagakan

teks percakapan

1X Pertemuan

2X35 Menit

Kurikulum 2006

Kaset, teks, petunjuk.

Bina Bahasa Indonesia 3A hal 2-3

1. Lisan

2. Tertulis

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah             : SDN Pasir Munding

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester          : 3 / I

Standar Kompetensi   : 2. Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita, dan memberikan    tanggapan / saran

 

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok

Kegiatan Belajar

Alokasi Waktu

Alat dan Sumber Bahan

Penilaian

2.   Berbicara

2.1 Menceritakan

pengalaman

yang

mengesankan

dengan

menggunakan

kalimat yang

runtut dan

mudah

dipahami

1.Siswa dapat

memperagakan percakapan

melauli telepon di depan

kelas

2.Siswa dapat menceritakan

pengalaman secara lisan di

depan kelas

3.Siswa dapat melengkapi

percakapan melalui telepon

dengan runtut dan sesuai

 

Teks percakapan * Memperagakan

percakapan

melalui telepon

di depan kelas

* Menceritakan

pengalaman

secara lisan di

depan kelas

* Melengakapi

percakapan

melalui telepon

dengan runtut

dan sesuai

1X Pertemuan

2X35 Menit

Kurikulum 2006

Bina Bahasa Indonesia 3A hal 3 – 5

Telepon mainan

1.Pengam

atan

2. Tertulis

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah             : SDN Pasir Munding

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester          : 3 / I

Standar Kompetensi   : 3. Membaca

Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng

 

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok

Kegiatan Belajar

Alokasi Waktu

Alat dan Sumber Bahan

Penilaian

3.   Membaca

3.1 Membaca

nyaring teks

(20-25 kalmat)

dengan lafal

dan

intonasi yang

tepat

1.Siswa dapat membaca teks

bacaan dengan lafal dan

intonasi yang tepat

2.Siswa dapat menjawab

pertanyaan secara lisan

3.Siswa dapat melengkapi

pernyataan berdasarkan

teks bacaan

4. Siswa dapat meringkas

teks bacaan dengan

kalimat yang tepat

 

Teks bacaan * Membaca teks

bacaan dengan

lafal dan

intonasi yang

tepat

* Menjawab

pertanyaan

secara lisan

* Melengakapi

pernyataan

berdasarkan

teks bacaan

* Meringkas teks

bacaan dengan

kalimat yang

tepat

1X Pertemuan

2X35 Menit

Kurikulum 2006

Bina Bahasa Indonesia 3A hal 5 – 8

 

1.Penugas

an

2.Tertulis

 

 

 

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah             : SDN Pasir Munding

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester          : 3 / I

Standar Kompetensi   :  4. Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi

 

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok

Kegiatan Belajar

Alokasi Waktu

Alat dan Sumber Bahan

Penilaian

4.   Menulis

4.1 Menyusun

paragraf

berdasarkan

bahan yang

tersedia dengan

memperhatikan

penggunaan

ejaan

1.Siswa dapat menyusun

paragraph acak dengan

benar

2.Siswa dapat menjawab

pertanyaan berdasrkan

paragraf yang disusun

3.Siswa dapat mencari kata

sulit dan artinya

4.Siswa dapat menulis

paragraf berdasarkan

gambar

5.Siswa dapat memahami

penggunaan huruf kapital

Teks paragraf * Menyusun

paragraf acak

dengan benar

* Menjawab

pertanyaan

berdasarkan

paragraf yang

disusun

* Mencari kata

sulit dan artinya

* Menulis

paragraf

berdasarkan

gambar

* Memahami

penggunaan

huruf kapital

2X Pertemuan

4X35 Menit

Kurikulum 2006

Bina Bahasa Indonesia 3A hal 8 – 12

 

1. Tertulis

 

 

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah             : SDN Pasir Munding

Mata Pelajaran            :Bahasa Indonesia

Kelas / Semester          :3 / I

Standar Kompetensi   :1. Mendengarkan

Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.

 

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok

Kegiatan Belajar

Alokasi Waktu

Alat dan Sumber Bahan

Penilaian

1.   Mendengarkan

1.1 Mengomentari

tokoh-tokoh

cerita anak yang

disampaikan

secara lisan

 

 

1.Siswa dapat mendengarkan

pembacaan cerita yang

dibacakan oleh guru

2.Siswa dapat menjawab

pertanyaan berdasarkan

cerita yang didengarkan

3.Siswa dapat menyebutkan

nama dan sifat tokoh

4.Siswa dapat mentukan

tokoh dan sifatnya

Teks cerita anak * Mendengarkan

pembacaan

cerita yang

dibacakan oleh

guru

* Menjawab

pertanyaan

berdasarkan

cerita yang

didengarkan

* Menyebutkan

nama dan sifat

tokoh

* Menetukan

tokoh dan

sifatnya

1X Pertemuan

2X35 Menit

Kurikulum 2006

Kaset, teks cerita.

Bina Bahasa Indonesia 3A hal 20-21

1. Lisan

2. Tugas

 

 

 

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah             : SDN Pasir Munding

Mata Pelajaran            :Bahasa Indonesia

Kelas / Semester          :3 / I

Standar Kompetensi   :2. Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita, dan memberikan    tanggapan /         saran

 

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok

Kegiatan Belajar

Alokasi Waktu

Alat dan Sumber Bahan

Penilaian

2.  Berbicara

2.2 Menceritakan

pengalaman

yang

mengesankan

dengan

menggunakan

kalimat yang

runtut dan

mudah

dipahami

1.Siswa dapat

memperagakan percakapan

melalui telepon di depan

kelas

2.Siswa dapat menceritakan

pengalaman secara lisan di

depan kelas

3.Siswa dapat melengkapi

percakapan melalui telepon

dengan runtut dan sesuai

 

Teks percakapan * Memperagakan

percakapan

melalui telepon

di depan kelas

* Menceritakan

pengalaman

secara lisan di

depan kelas

* Melengkap

percakapan

melalui telepon

dengan runtut

dan sesuai

1X Pertemuan

2X35 Menit

Kurikulum 2006

Bina Bahasa Indonesia 3A hal 3 – 5

Telepon mainan

1.Pengam

atan

2.Tertulis

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah             : SDN Pasir Munding

Mata Pelajaran            :Bahasa Indonesia

Kelas / Semester          :3 / I

Standar Kompetensi   : 3. Membaca

Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membsca dongeng

 

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok

Kegiatan Belajar

Alokasi Waktu

Alat dan Sumber Bahan

Penilaian

3.  Membaca

3.2 Menjelaskan isi

teks (100-150

kata) melalui

membaca

intensif

1.Siswa dapat membaca teks

cerita dengan lafal dan

intonasi yang tepat

2.Siswa dapat menjawab

pertanyaan sesuai dengan

isi cerita yang dibaca

3.Siswa dapat menyatakan

pendapat mengenai isi

pernyataan

4.Siswa dapat menceritakan

kembali isi teks cerita yang

dibaca dengan runtut dan

jelas

 

Teks cerita * Membaca teks

cerita dengan

lafal dan

intonasi yang

tepat

* Menjawab

pertanyaan

sesuai dengan

isi

cerita yang di

baca

* Menyatakan

pendapat

mengenai isi

pernyataan

* Menceritakan

kembali isi teks

cerita yang di

baca dengan

runtut dan jelas

1XPertem

uan

2X35 Menit

Kurikulum 2006

Bina Bahasa Indonesia 3A hal 23-25

 

1. Lisan

2. Tugas

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah             : SDN Pasir Munding

Mata Pelajaran            :Bahasa Indonesia

Kelas / Semester          :3 / I

Standar Kompetensi   : 4. Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi

 

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok

Kegiatan Belajar

Alokasi Waktu

Alat dan Sumber Bahan

Penilaian

4.   Menulis

4.1 Menyusun

paragraf

berdasarkan

bahan yang

tersedia dengan

memperhatikan

penggunaan

ejaan

1.Siswa dapat membuat

kalimat sesuai isi gambar

ilustrasi

2.Siswa dapat mengurutkan

gambar dan membuat

paragrafnya

3.Siswa dapat menyusun

karangan berdasarkan

rangkaian gambar seri

4.Siswa dapat memahami

dan menulis kalimat dengan

tanda hubung ( – )

5.Siswa dapat memenggal

kata yang didektekan

 

 

Gambar ilustrasi * Membuat

kalimat sesuai

isi gambar

ilustrasi

* Mengurutkan

gambar dan

membuat

paragrafnya

* Menyusun

karangan

berdasarkan

rangkaian

gambar seri

* Memahami dan

menulis kalimat

dengan tanda

hubung ( – )

* Memenggal

kata yang

didektekan

2X Pertemuan

2X35 Menit

Kurikulum 2006

Bina Bahasa Indonesia 3A hal 26 – 29

1.Tertulis

SILABUS

 

Nama Sekolah             : SDN Pasir Munding

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                      : 3 / I

Standar Kompetensi               : 1. Mendengarkan

Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.

 

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok

Kegiatan Belajar

Alokasi Waktu

Alat dan Sumber Bahan

Penilaian

1.   Mendengarkan

1.1 Mengomentari

tokoh-tokoh

cerita anak yang

disampaikan

secara lisan

 

 

1.Siswa dapat mendengarkan

penjelasan kemudian

mencatat isi penjelasannya

2.Siswa dapat menjelaskan

petunjuk melakukan

sesuatu berdasarkan

penjelasan yang didengar

3.Siswa dapat menulis

kembali isi penjelasan

 

Teks berisi penjelasan untuk dilakukan * Mendengarkan

penjelasan

kemudian

mencatat isi

penjelasannya

* Menjelaskan

petunjuk

melakukan

sesuatu

berdasarkan

penjelasan yang

didengar

* Menulis

kembali isi

penjelasan

1X Pertemuan

2X35 Menit

Kurikulum 2006

Kaset, teks petunjuk.

Bina Bahasa Indonesia 3A hal 38

1. Lisan

2. Tugas

 

 

 

 

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah             : SDN Pasir Munding

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                      : 3 / I

Standar Kompetensi               : 2. Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita, dan memberikan   tanggapan / saran

 

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok

Kegiatan Belajar

Alokasi Waktu

Alat dan Sumber Bahan

Penilaian

2.  Berbicara

2.2 Menjelaskan

urutan membuat

atau melakukan

sesuatu dengan

kalimat yang

runtut dan

mudah dipahami

1.Siswa dapat membaca

penjelasan kegiatan

melakukan sesuatu

2.Siswa dapat menjelaskan

kembali urutan kegiatan

3.Siswa dapat melengkapi

penjelasan melakukan

sesuatu kemudian

menjelaskannya dengan

lisan

 

Gambar ilustrasi * Membaca

penjelasan

kegiatan

melakukan

sesuatu

* Menjelaskan

kembali urutan

kegiatan

* Melengkapi

penjelasan

melakukan

sesuatu

kemudian

menjelaskannya

dengan lisan

1X Pertemuan

2X35 Menit

Kurikulum 2006

Yoyo mainan

Bina Bahasa Indonesia 3A hal 38

1. Lisan

2.Demonstrasi

 

 

 

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah             : SDN Pasir Munding

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                      : 3 / I

Standar Kompetensi               : 3. Membaca

Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng

 

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok

Kegiatan Belajar

Alokasi Waktu

Alat dan Sumber Bahan

Penilaian

3.  Membaca

3.3 Menceritakan

isi dongeng yang

dibaca

1.Siswa dapat membacakan

dongeng dengan suara

nyaring

2.Siswa dapat mencatat

tokoh dan sifat tokoh

dalam cerita dongeng

3.Siswa dapat menentukan

pesan dan amanat dalam

dongeng

4.Siswa dapat menceritakan

kembali dongeng yang

telah dibaca secara lisan

 

Teks cerita dongeng * Membacakan

dongeng dengan

suara nyaring

* Mencatat tokoh

dan sifat tokoh

dalam cerita

dongeng

* Menentukan

pesan dan

amanat dalam

dongeng

* Menceritakan

kembali

dongeng yang

telah dibaca

secara lisan

1X Pertemuan

2X35 Menit

Kurikulum 2006

Bina Bahasa Indonesia 3A hal 41-43

1. Lisan

2. Tugas

 

 

 

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah                         : SDN Pasir Munding

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                      : 3 / I

Standar Kompetensi               : 4. Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi

 

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok

Kegiatan Belajar

Alokasi Waktu

Alat dan Sumber Bahan

Penilaian

4.  Menulis

4.4 Menyusun

paragraf

berdasarkan

bahan yang

tersedia dengan

memperhatikan

penggunaan

ejaan

1.Siswa dapat memahami

pokok pikiran (topik) dan

mengubahnya menjadi

paragraf  berdasarkan

gambar

2.Siswa dapat menentukan

dan mengembangkan pokok

pikiran menjadi sebuah

paragraf cerita berdasarkan

gambar

3.Siswa dapat memahami

penggunaan tanda hubung

(-)

4.Siswa dapat menggunakan

tanda hubung (-) dalam

kalimat

Gambar ilustrasi * Memahami

pokok pikiran

(topik) dan

mengubahnya

menjadi

paragraf

berdasarkan

gambar

* Memahami

penggunaan

tanda hubung (-

)

* Menggunakan

tanda hubung (-

) dalam kalimat

2X Pertemuan

4X35 Menit

Kurikulum 2006

Yoyo mainan

Bina Bahasa Indonesia 3A hal 43-47

1. Tertulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           Guru Kelas/Mata Pelajaran,                 

 

 

 

WATI, S.Pd.SD                                                                                                                                    VERA NURMALA F

NIP.                                                                                                                                                                NIP.

                       

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Sekolah                     : SDN Pasir Munding

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / 1

Standar Kompetensi             : 1. Mendengarkan

Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan

Waktu                                     : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )

 

 

 

MENDENGARKAN

 

I. Kompensasi Dasar            : 1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.

 

II. Indikator                           :

  1. Siswa dapat mendengarkan petunjuk bertelepon
  2. Siswa dapat menjelaskan kembali petunjuk bertelepon dengan benar dan jelas.
  3. Siswa dapat menanggapi penjelasan tentang petunjuk bertelepon.
  4. Siswa dapat menyusun percakapan melalui telepon
  5. Siswa dapat memperagakan teks percakapan

 

III. Materi Pokok  : Teks petunjuk melakukan sesuatu

 

IV. Pengalaman Belajar     :

 

A.  Kegiatan Awal           : * Tanya jawab materi yang akan diajarkan

* Mengajukan pertanyaan tentang alat komunikasi

 

B.  Kegiatan Inti              :

  • Mendengarkan petunjuk bertelepon
  • Menjelaskan kembali petunjuk bertelepon dengan benar dan jelas
  • Menanggapi penjelasan tentang petunjuk bertelepon
  • Menyusun percakapan melalui telepon
  • Memperagakan teks percakapan

 

C.  Kegiatan Akhir           : Menanggapi teks percakapan teman

 

V. Metode/Sumber Belajar :

A.  Metode                        : Tanya jawab, ceramah, demonstrasi, tugas

B.  Sumber Belajar             : Kurikulum 2006, Kaset, Teks Petunjuk, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 2-3

 

VI. Penilaian                          :

 

  1. Lisan                       :
  2. Perbuatan               :
  3. Proyek                     :
  4. Produk                    :
  5. Tertulis                   :

 

VII. Skor Penilaian                :

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Sekolah                     : SDN Pasir Munding

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / 1

Standar Kompetensi             : 2. Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk

dengan bercerita, dan memberikan tanggapan/saran

Waktu                                     : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )

 

 

 

BERBICARA

 

I. Kompensasi Dasar            : 2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami

 

II. Indikator                           :

  1. Siswa dapat memperagakan percakapan melalui telepon di depan kelas
  2. Siswa dapat menceritakan pengalaman secara lisan di depan kelas
  3. Siswa dapat melengkapi percakapan melalui telepon dengan runtut dan sesuai

 

III. Materi Pokok  : Teks percakapan

 

IV. Pengalaman Belajar     :

 

A.  Kegiatan Awal           : Tanya jawab tentang bertelepon yang baik

B.  Kegiatan Inti              :

  • Memperagakan percakapan melalui telepon di depan kelas
  • Menceritakan pengalaman secara lisan didepan kelas
  • Melengkapi percakapan melalui telepon dengan runtut dan sesuai

 

C.  Kegiatan Akhir           : Memperagakan percakapan melalui telepon yang sudah dilengkapi

 

V. Metode/Sumber Belajar :

A.  Metode                        : Demonstrasi, penugasan

B.  Sumber Belajar             : Kurikulum 2006, Kaset, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 3 – 5, Telepon mainan

 

VI. Penilaian                          :

 

  1. Lisan                       :
  2. Perbuatan               :
  3. Proyek                     :
  4. Produk                    :
  5. Tertulis                   :

 

VII. Skor Penilaian                :

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Sekolah                     : SDN Pasir Munding

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / 1

Standar Kompetensi             : 3. Membaca

Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan  membaca dongeng

Waktu                                     : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )

 

 

 

MEMBACA

 

I. Kompensasi Dasar            : 3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat

 

II. Indikator                           :

  1. Siswa dapat membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat
  2. Siswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan
  3. Siswa dapat melengkapi pernyataan berdasarkan teks bacaan
  1. Siswa dapat meringkas teks bacaan dengan kalimat yang tepat

 

III. Materi Pokok  : Teks bacaan

 

IV. Pengalaman Belajar     :

 

A.  Kegiatan Awal           : Tanya jawab tentang tempat umum

B.  Kegiatan Inti              :

  • Membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat
  • Menjawab pertanyaan secara lisan
  • Melengkapi pernyataan berdasarkan teks bacaan
  • Meringkas teks bacaan dengan kalimat yang tepat

 

C.  Kegiatan Akhir           : Menyimpulkan bacaan bersama – sama

 

V. Metode/Sumber Belajar :

A.  Metode                        :Tanya jawab, penugasan, ceramah

B.  Sumber Belajar             : Kurikulum 2006, Kaset, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 5 – 8

VI. Penilaian                          :

  1. Lisan                       :
  2. Perbuatan               :
  3. Proyek                     :
  4. Produk                    :
  5. Tertulis                   :

 

VII. Skor Penilaian                :

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Sekolah                     : SDN Pasir Munding

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / 1

Standar Kompetensi             : 4. Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk paragraf  dan puisi

Waktu                                     : 2 X Pertemuan ( 4 X 35 Menit )

 

 

 

MENDENGARKAN

 

I. Kompensasi Dasar            : 4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan

 

II. Indikator                           :

  1. Siswa dapat menyusun paragraf acak dengan benar
  2. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan paragraf yang  disusun
  3. Siswa dapat mencari kata sulit dan artinya
  4. Siswa dapat menulis paragraf berdasarkan gambar
  5. Siswa dapat memahami penggunaan huruf kapital

 

III. Materi Pokok                  : Teks paragraf

 

IV. Pengalaman Belajar                   :

 

A.  Kegiatan Awal                           : Tanya jawab tentang paragraf

 

B.  Kegiatan Inti                              :

  • Menyusun paragraf acak dengan benar
  • Menjawab pertanyaan berdasarkan paragraf yang disusun
  • Mencari kata sulit dan artinya
  • Menulis paragraf berdasarkan gambar
  • Memahami penggunaan huruf kapital

 

C.  Kegiatan Akhir                           : Membaca paragraf yang telah disusun dengan benar membaca kata-kata yang ditulis dengan huruf kapital

 

V. Metode/Sumber Belajar   :

 

A.  Metode                                        :

B.  Sumber Belajar                             : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 8 – 12

 

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                                   :

 

VII. Skor Penilaian                                :

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Sekolah                     : SDN Pasir Munding

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / 1

Standar Kompetensi             : 1. Mendengarkan

Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang  dilisankan

Waktu                                     : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )

 

 

 

MENDENGARKAN

 

I. Kompensasi Dasar            : 1.1 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan

 

II. Indikator                           :

  1. Siswa dapat mendengarkan pembacaan carita yang dibacakan oleh guru
  2. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang didengarkan
  3. Siswa dapat menyebutkan nama dan sifat tokoh
  4. Siswa dapat menentukan tokoh dan sifatnya

 

III. Materi Pokok                  : Teks cerita anak

IV. Pengalaman Belajar                   :

 

A.  Kegiatan Awal                           : Tanya jawab tentang nama-nama binatang

 

B.  Kegiatan Inti                              :

  • Mendengarkan pembacaan cerita yang dibacakan oleh guru
  • Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang didengarkan
  • Menyebutkan nama dan sifat tokoh
  • Menentukan tokoh dan sifatnya

 

C.  Kegiatan Akhir                           : Menceritakan kembali dongeng yang didengar dari guru dengan kata-kata sendiri

 

V. Metode/Sumber Belajar   :

 

A.  Metode                                        : Ceramah, penugasan, tanya jawab

B.  Sumber Belajar                             : Kurikulum 2006,kaset teks cerita, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 20 –  21

 

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                                   :

 

VII. Skor Penilaian                                :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Sekolah                     : SDN Pasir Munding

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / 1

Standar Kompetensi             : 2. Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk

dengan bercerita, dan memberikan tanggapan / saran

Waktu                                     : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )

 

 

 

BERBICARA

 

I. Kompensasi Dasar                            : 2.2 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami

 

II. Indikator                                           :

  1. Siswa dapat memperagakan percakapan melalui telepon di depan kelas
  2. Siswa dapat menceritakan pengalaman secara lisan di depan kelas
  3. Siswa dapat melengkapi percakapan melalui telepon dengan runtut dan sesuai

 

III. Materi Pokok                  :

 

IV. Pengalaman Belajar                   :

 

A.  Kegiatan Awal                           : Tanya jawab tentang ciri – ciri rumah adat

 

B.  Kegiatan Inti                              :

  • Memperagakan percakapan melalui telepon di depan kelas
  • Menceritakan pengalaman secara lisan di depan kelas
  • Melengkapi percakapan melalui telepon dengan runtut dan sesuai

 

C.  Kegiatan Akhir                           : Menceritakan cara merawat lingkungan agar tetap sehat

 

V. Metode/Sumber Belajar   :

 

A.  Metode                                        : Ceramah, penugasan, tanya jawab

B.  Sumber Belajar                             : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 3 – 5, telepon mainan

 

VI. Penilaian                                          :

 

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                                   :

 

VII. Skor Penilaian                                :

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Sekolah                     : SDN Pasir Munding

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / 1

Standar Kompetensi             : 3. Membaca

Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif,

dan membaca dongeng

Waktu                                     : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )

 

 

 

MENDENGARKAN

 

I. Kompensasi Dasar            : Menjelaskan isi teks (100-150 kata) melalui membaca intensif

 

II. Indikator                           :

  1. Siswa dapat membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat
  2. Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang  dibaca
  3. Siswa dapat menyatakan pendapat mengenai isi pernyataan
  1. Siswa dapat menceritakan kembali isi teks cerita yang dibaca dengan runtut dan jelas

 

III. Materi Pokok  : Teks cerita

 

IV. Pengalaman Belajar      :

 

A.  Kegiatan Awal           : Menyanyi ”Lihat Kebunku”

 

B.  Kegiatan Inti              :

  • Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat
  • Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang dibaca
  • Menyatakan pendapat mengenai isi pernyataan
  • Menceritakan kembali isi teks cerita yang dibaca dengan runtut dan jelas

 

C.  Kegiatan Akhir           : Tugas dirumah, anak membawa tanaman dalam pot buatan sendiri

 

V. Metode/Sumber Belajar :

A.  Metode        : Ceramah, penugasan

B.  Sumber Belajar             : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 23-25

 

VI. Penilaian          :

  1. Lisan                       :
  2. Perbuatan               :
  3. Proyek                     :
  4. Produk                    :
  5. Tertulis                   :

 

VII. Skor Penilaian                :

 

 

 

 

 

 

Mengetahui                                                                                             Sukabumi, 27 April 2013

Kepala Sekolah                                                                                                              Guru Kelas

 

 

WATI, S.Pd.SD                                                                                                          VERA NURMALA F

NIP.                                                                                                                             NIP.

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s